Minggu, 25 Januari 2009

Belajar Musik : Mengenal Interval Nada



Setelah kita mengenal tangga nada , kini kita akan membahas interval nada. Jarak antar nada biasa disebut interval nada. Contoh, jarak antara nada C dan D bisa disebut interval nada.
Jika kedua nada tersebut dimainkan bersamaan maka disebut interval harmonis, sedangkan jika kedua nada tsb dimainkan berurutan maka disebut interval melodis.
Ketika dua buah not dimainkan secara bersamaan kita akan mendengarkan tiga hal yaitu dua buah not tsb ditambah dengan komponen ke tiga yaitu kombinasi dari kedua buah not itu sendiri. Setiap interval mempunyai kualitas dan suasana sendiri. Setiap not akan kita identifikasikan dengan angka sehingga angka-angka tsb bisa kita terapkan dalam kunci / not yang berbeda, karena walaupun not tsb berbeda kualitas interval yang kita dengarkan akan tetap sama. Kualitas interval perfect 5th antara nada C dan G akan terdengar sama dengan kualitas perfect 5th antara nada G dan D, ataupun kualitas interval perfect 5th pada nada-nada yang lainnya. Kualitas interval ditunjukan dengan jumlah ½ langkah antara ke dua buah nada tsb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar